Wacana Vaksinasi Mandiri, Knowledge Pribadi Penerima Vaksin Harus Dijaga

Wacana Vaksinasi Mandiri, Knowledge Pribadi Penerima Vaksin Harus Dijaga

Menurut Ganjar, warga binaan lapas Nusakambangan termasuk dalam kelompok rentan terpapar covid-19 lantaran tinggal di dalam satu kamar dengan jumlah yang sangat banyak. Selain itu, Ia meminta agar pengelola lapas melakukan pengetatan dengan melarang tamu berkunjung. Pada Program Nasional Vaksinasi Covid-19, Badan POM berperan proaktif untuk memperkuat pengawasan distribusi vaksin di Seluruh Indonesia. Balai Besar POM di Samarinda melaksanakan intensifikasi pendampingan di sarana pelayanan kefarmasian khususnya Puskesmas.

Salah satunya dilatarbelakangi oleh upaya semua pihak untuk membantu percepatan pemberantasan penyakit Covid-19 di seluruh Indonesia. Pelaku bom bunuh diri tergabung dengan kelompok teroris yang diamankan di Villa Mutiara, Makassar beberapa waktu lalu. Realisasi program Vaksin Gotong Royong atau Mandiri dengan vaksin Sinopharm itu akan didukung dengan Keputusan Menteri Kesehatan tentang Petunjuk Teknis Vaksinasi.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada beberap faktor yang harus dipahami betul oleh para konglomerat yang ingin membantu pemerintah melakukan vaksinasi. Rumah Sakit Pelni melalui akun instagramnya terlihat menawarkan vaksin Covid-19. Vaksin ini pun dibanderol dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera Mardani Ali Sera menilai vaksinasi terhadap seluruh masyarakat seharusnya menjadi tanggung jawab negara.

Pemerintah juga akan menetapkkan besaran tarif maksimal atas pelayanan vaksinasi Gotong Royong dan juga biaya pelayanan vaksinasi Gotong Royong di fasyankes swasta. Terkait penanganan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi untuk Vaksin Gotong Royong, mekanismenya sama dengan penanganan game slot online KIPI untuk program vaksinasi pemerintah. Kepala BPOM, Penny Lukito, mengatakan berdasarkan aturan yang Kementerian Kesehatan , vaksin Covid-19 yang digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong harus berbeda mereknya dengan vaksin yang dipakai untuk program pemerintah.

Kemudian pada 31 Desember 2020 Indonesia kembali menerima 1,eight juta dosis vaksin Sinovac. Pada eleven januari 2021 Badan Pengawas Obat dan Makanan akhirnya resmi memberikan izin darurat penggunaan vaksin tersebut. Berdasarkan evaluasi BPOM menunjukkan efikasi vaksin Sinovac mencapai 65,3 persen. Jokowi mengatakan vaksinasi COVID-19 adalah salah satu kunci untuk mempercepat penanganan COVID-19 di Indonesia. Alasannya, kata Jokowi, vaksinasi COVID-19 perlu dilakukan secepatnya agar merata diterima masyarakat. Jokowi tidak mempermasalahkan apabila perusahaan siap menanggung vaksinasi COVID-19 bagi pegawainya.

Caranya, dengan membuka keran vaksinasi mandiri oleh mereka yang punya kemampuan melakukannya. Tidak cuma harus cepat, vaksinasi juga mesti mencakup jumlah penerima yang best agar bisa menghasilkan kekebalan kelompok atau herd immunity. Dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta, setidaknya 182 juta rakyat kita harus mendapat vaksin.

Comments are closed.