Vaksinasi Bagi Lansia

Vaksinasi Bagi Lansia

Pelaksanaan vaksinasi drive through yang berlokasi di lapangan parkir corridor C, Jakarta International Expo , Kemayoran, Jakarta Pusat ini merupakan kerja sama antara Kemenkes, Halodoc, dan Gojek. Lansia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi COVID-19 kedua, berbeda dari kategori penerima vaksin berusia tahun yang perlu jarak 14 hari. Warga Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Rusminah , menjadi warga lansia pertama yang menerima vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Sabtu 20 Februari 2021. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia di RSUD Pademangan, Jalan Budi Mulia, Pademangan Barat, Jakut, sempat mengalami kendala di hari pertama. Sebanyak 1.007 warga Lansia telah mendapat vaksin Covid-19 di RSUD Tanjung Priok, Jakut. Taspen sebagai BUMN Asuransi Sosial terbesar di Indonesia yang setiap harinya mengurus Pensiunan Aparatur Sipil Negara sangat tergerak untuk mendukung acara vaksinasi lansia.

“Mengingat mobilitas lansia sangat terbatas, karenanya bersama dengan pemerintah desa dan puskesmas, pendataan dilakukan. Masyarakat lansia yang menjadi sasaran tidak perlu mendaftar sendiri,” ungkapnya, Jumat (5/3/2021). Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi mengungkapkan, pelaksanaan vaksin untuk lansia tersebut dibuka dari jam 8.00 sampai dengan jam 16.00 Wita. Terkait dengan pelaksanaannya, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan juga telah menyiapkan fasilitas kesehatan . “Jika memang kelompok lansia ini dirasa perlu untuk segera mendapatkan vaksinasi, nanti akan coba kami atur dari ketersediaan vaksinnya,” katanya.

Vaksinasi untuk lansia tidak akan tertutup untuk menggunakan vaksin Sinovac saja. Saat ini, Indonesia juga masih menunggu kedatangan vaksin Astra Zeneca, Pfizer, dan Moderna. sixteen.02.2021 Pemerintah akan mengawali vaksinasi tahap kedua pada Rabu (17/02) dengan menyuntik vaksin terhadap pedagang pasar di Tanah Abang, Jakarta. Jutaan kelompok lansia dan petugas publik jadi prioritas penerima di tahap ini. Pengadaan Vaksin COVID-19 di Jerman Dikritik, Bagaimana dengan Indonesia? Berlin kini mendapat tekanan dari para pakar dan politisi karena dianggap tak mengamankan cukup dosis vaksin virus corona untuk program vaksinasinya.

Adanya penyakit penyerta dan kondisi fisik yang mulai melemah membuat lansia lebih sulit untuk melawan infeksi, termasuk COVID-19. Menurut Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pemberian vaksin COVID-19 untuk lansia akan dilaksanakan setelah vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Jakarta, 15 Februari Program Vaksinasi COVID-19 segera memasuki tahap kedua, seiring dengan hampir selesainya pemberian vaksinasi tahap pertama kepada para tenaga kesehatan. Salah satu kategori yang masuk di tahap kedua ini adalah lansia, yaitu seseorang yang berusia 60 tahun ke atas. Lansia termasuk yang didahulukan atau menjadi prioritas karena memiliki risiko lebih tinggi untuk menjadi fatal. Selanjutnya, Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal dan termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia.

Menurutnya, program vaksinasi yang bertujuan untuk mengendalikan pandemi memang seharusnya memiliki prioritas, apalagi vaksin yang digunakan tidak bisa diperoleh secara serempak. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendapat vaksin Sinovac buatan Cina saat memulai kampanye vaksinasi massal di Ankara pertengahan Januari silam. Saat ini kuota vaksinasi di Turki mencapai sekitar eleven dari 100 warga di negara dengan populasi eighty two juta orang itu. Denmark negara kecil di Eropa dengan populasi 5,eight juta mencatatkan kuota vaksinasi corona per kapita eleven per one hundred warga. Jika dilihat angka mutlaknya relatif kecil, hanya sekitar 600 ribu warga yang mendapat vaksinasi. Negara kecil di Amerika Selatan, Chile juga melakukan vaksinasi massal dengan cepat.

“Untuk peserta yang masuk tahap dua tetapi belum terdaftar, masih bisa melakukan pendaftaran. Rosye menyebutkan, bagi lansia di Kota Bandung dapat mendaftarkan diri melalui link Bandung.kemkes.go.id. Data yang harus dilengkapi diantaranya nomor induk kependudukan , nama, jenis kelamin, memilih fasilitas kesehatan untuk tempat vaksinasi, umur, tanggal lahir, alamat, hingga nomor telepon yang dapat dihubungi. Setelah mendaftar, kata Avy, undangan vaksinasi akan dikirim melalui WhatsApp ke nomor telepon seluler yang didaftarkan. Selanjutnya, lansia yang sudah terdaftar bisa datang ke lokasi vaksinasi yang sudah ditentukan, dan sesuai jadwal yang sudah dikirimkan. Untuk mencegah kejadian terulang, RSUD Kembangan pun menurunkan sejumlah personil untuk membantu mereka yang kesulitan mendaftar secara online.

Negara dengan populasi sekitar 19 juta orang itu sudah mencapai kuota 19,2 per a hundred penduduk. Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono. Amerika Serikat juga ngebut memerangi pandemi Covid-19, setelah terganjal beberapa bulan oleh politik Trump. Artinya hingga saat ini sudah lebih dari seventy six juta dari total 331 juta populasi AS mendapat minimal satu dosis vaksin buatan BioNTech-Pfizer atau Moderna. “Badan POM telah mengeluarkan Informasi untuk tenaga kesehatan yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator dalam melakukan skrining sebelum pelaksanaan vaksinasi”, tambah Kepala Badan POM.

Beragam cara dilakukan untuk bisa menjangkau lansia yang akan diberi vaksin, salah satunya adalah fasilitas drive thru khusus untuk lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta. Pelaksanaan tahap kedua vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lansia tengah dilakukan di beberapa wilayah Jakarta Utara. Untuk mengantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi di setiap tempat pelaksanaan vaksinasi harus menyediakan contact person slot terbaru 2021 perwakilan dari vocal point dari kabupaten/kota atau provinsi tersebut. Contact particular person tersebut harus dapat dihubungi oleh panitia penyelenggara ataupun pasien.

Comments are closed.