Pasokan Terbatas, Vaksin Mandiri Dipertanyakan

Pasokan Terbatas, Vaksin Mandiri Dipertanyakan

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga telah mengeluarkan aturan vaksinasi mandiri. Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Slot 2021 Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Perusahaan/individu mengajukan pendaftaran ke fasilitas pelayanan kesehatan yang ditunjuk oleh Pemerintah meliputi NIK, nama calon penerima, No.

Solopos.com, KARANGANYAR – Pemerintah Desa Dayu, Gondangrejo, mulai bergerak membentuk ekosistem destinasi wisata mulai April 2021. Pengembangan destinasi wisata tidak mengandalkan investor melainkan swadaya iuran masyarakat dan hasil penjualan air Sumur Emas. Solopos.com,WONOGIRI — Pencarian mulut luweng di Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri, untuk mengatasi bencana banjir setiap tahun diberhentikan. Empat luweng yang ditemukan dianggap cukup karena sudah dibuktikan bisa mengatasi banjir di daerah sana. Solopos.com, WONOGIRI — Seluruh desa di Wonogiri sudah menyalurkan bantuan langsung tunai atau BLT tahap III sebelum batas akhir 25 Maret 2021 lalu. Solopos.com, KLATEN — Ratusan guru dari lima sekolah wilayah Kabupaten Klaten segera disuntik vaksin Covid-19.

Dua perempuan asal Depok yakni seorang ibu dan putrinya dilaporkan positif COVID-19 setelah diduga tertular WNA asal Jepang. Dia juga menjelaskan, upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi juga tidak mudah. Informasi lebih lanjut bisa Anda baca dalam penjelasan perlindungan information kami. “Kedua vaksin ini diberikan seluas mungkin tanpa terbatas golongan tertentu, jangan sampai didahulukan golongan tertentu dulu,” tuturnya. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku, dirinya banyak menerima pesan dari para pengusaha dan konglomerat yang dulunya menjadi nasabahnya saat menjabat di perusahaan perbankan.

Kedua, Budi menyebut dalam memenuhi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, pemerintah berupaya secepat mungkin dan semurah mungkin untuk menjaga keuangan negara. Sehingga negara bisa mendapatkan vaksin Covid-19 sesuai kebutuhan dan menjangkau luas untuk mencapai herd immunity sebesar 70 persen dari populasi atau sekitar 187 juta orang. Budi memaparkan, terdapat syarat yang harus dipenuhi para pengusaha jika ingin membantu pemerintah melakukan vaksinasi mandiri di lingkungan perusahaannya. “Prinsip yang dipegang pemerintah adalah bagaimana vaksinasi mandiri tidak membuat kesan orang berduit bisa divaksin lebih dulu,” jelasnya. Rencana pemerintah menyiapkan vaksin mandiri, salah satunya karena ada permintaan dari sektor swasta. “Banyak dari perusahaan, para pengusaha menyampaikan, `Pak, bisa enggak kita vaksin mandiri?’ Ini yang baru kita akan putuskan,” kata Jokowi dalam webinar Kompas 100 CEO Forum, Kamis (21/1).

Selain itu, vaksinasi karyawan diyakini dapat mengembalikan jumlah pekerja ke jumlah normal sehingga produktivitas ikut membaik. Laporcovid19 menilai, distribusi vaksinasi harus dilakukan berdasarkan pertimbangan kesehatan masyarakat, medis, dan epidemiologi, bukan kemampuan finansial. Atas dasar itu, rencana membuka jalur vaksinasi mandiri dapat menyalahi prinsip kesetaraan dan keadilan akses terhadap kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Erick mengatakan, dalam 1-2 hari ke depan akan ada pertemuan dengan gubernur dan wali kota/bupati untuk memastikan terkait vaksinasi. Setelah itu, dua minggu berikutnya penerima vaksin akan menerima suntikan kedua dengan proses yang sama. Nantinya pemerintah akan melakukan semacam survei atau pemantauan di tempat penyuntikan. Soleh mengatakan, penerima vaksin dalam kondisi baik, akan diterbitkan sertifikat yang akan disebar ke berbagai instansi, misalnya ke kereta api. Scan barcode tersebut harus dibawa oleh orang yang akan menerima vaksin ke tempat penyuntikan.

Mengaku mendapat pertanyaan dari pengusaha, Presiden Jokowi menyampaikan baru akan memutuskan mekanisme vaksinasi COVID-19 mandiri. Jokowi tak mempermasalahkan bila perusahaan siap menanggung vaksinasi bagi pegawainya. “Saya terima banyak WA dari para CEO, para konglomerat-konglomerat yang dulu jadi nasabah saya, mengenai vaksinasi mandiri,” ujarnya dalam acara CEO Forum secara virtual, Kamis (21/1). Pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap 181,5 juta orang penduduk demi mencapaiherd immunity. Terkait vaksinasi nasional, Jokowi yakin Indonesia bisa melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap satu juta orang dalam sehari. Lebih lanjut, Jokowi menyatakan vaksinasi Covid-19 secara mandiri bisa dilakukan asalkan merek vaksinnya berbeda dari vaksin yang diberikan secara free of charge.

Seseorang juga bisa terinfeksi COVID-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Inilah sebabnya mengapa kita penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang yang sakit. Saat sedang berbelanja di pasar, mulai kembali masuk kantor, ataupun sedang di area publik seperti halte dan taman. Jangan lupa untuk selalu pakai masker segera mandi dan ganti pakaian saat sampai di rumah.

Solopos.com, KLATEN– Layanan vaksinasi yang dilaksanakan di fasilitas layanan kesehatan Kabupaten Klaten melebihi goal yang ditetapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Penyuntikan dosis pertama vaksin untuk tenaga pengajar dilakukan di fasilitas kesehatan Sukoharjo. “Vaksin disuntikkan hanya untuk tenaga pengajar sekolah yang mengikuti uji coba PTM. Sementara tenaga pengajar di sekolah lainnya menyusul sembari menunggu kesiapan penerapan protokol kesehatan di setiap sekolah,” ujarnya. Upaya vaksinasi mandiri yang terus digencarkan oleh Kadin mendapat respon positif di kalangan pengusaha, tercermim dari membludaknya peserta sosialisasi vaksinasi yang digelar secara digital oleh Kadin Surabaya. Namun, saat ini belum bisa dilakukan proses pemesanan vaksin Covid-19 kategori mandiri. Chief Digital Healthcare Officer Bio Farma Soleh Ayubi mengatakan, rencananya masyarakat yang ingin melakukan vaksin mandiri bisa berbagai kanal.

Comments are closed.