Pajak Atas Rumah Kos

Pajak Atas Rumah Kos

Membuat kesan lembut dan homey begitu kental di kosan kosan ini. Memang kamar yang dimilikinya hanya sekitar 12 kamar saja, tetapi dijamin akan membuat siapapun betah. Bagaimana tidak, setiap kamarnya memiliki desain inside slot online indonesia yang begitu kece.

Tapi, jika dibandingkan antara mengelola kos-kosan dengan kontrakan di Jakarta? Apakah lebih menguntungkan mengelola tempat kost, ataukah malah sebaliknya, bisnis kontrakan di Jakarta ternyata lebih menjanjikan. Tidak perlu keahlian khusus Untuk menjalankan bisnis rumahan ini, Anda tidak dituntut untuk memiliki keahlian / ketrampilan khusus untuk menunjang bisnis. Cukup sediakan modal diawal, lalu anda bisa tetap bekerja diluar rumah dan anda akan mendapatkan “gaji pasif” tiap bulan tanpa bersusah payah bekerja di luar rumah. Realitasnya, tidak sedikit sekarang ini kamar kos maupun rumah kontrakan yang fasilitasnya tak ubahnya losmen, bahkan mirip-mirip lodge. Banyak kos dibangun terpisah dari rumah induk, menjadi satu ragam bangunan tersendiri.

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah RI No. 34 Tahun 2017 berkaitan dengan Pajak atas Penghasilan dari Persewaan Tanah dan/atau Bangunan. Dari peraturan tersebut, diketahui bahwa penghasilan dari kos-kosan tidak termasuk sebagai penghasilan dari persewaan tanah dan/atau bangunan, melainkan digolongkan ke dalam penghasilan usaha. Kebanyakan orang memulai bisnis kosnya dengan membangun dari awal. Jadi, tidak ada salahnya juga membeli kost yang sudah ada dan kemudian merenovasinya. Salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis indekos adalah bentuk pengelolaannya. Karena bagaimanapun jika pengelolaannya tidak baik maka berakibat pada tidak betahnya penghuni kost.

Meskipun modal awal untuk membangun bisnis kost cukup besar, tetapi balik modalnya terbilang cepat. Diperkirakan dalam kurun waktu delapan hingga sepuluh tahun, Anda bisa mendapatkan seluruh modal plus keuntungannya. Bisnis rumah kost, memang banyak dipilih oleh mereka yang mau memulai bisnis properti. Apalagi jika rumah kost disertai deretan fasilitas berkelas bagi para penghuni.

Untuk memperlancar komunikasi dengan si penyewa gunakan aplikasi Whatsapp atau Line dengan para penyewa untuk menerima keluhan dan saran perbaikan fasilitas. Zaskia Gotik akan jadi panutan perihal pemilihan lokasi stragis untuk membuka usaha kost-kostan. Bayangkan saja, dalam kondisi tidur sekali pun, kamu tetap bisa menghasilkan uang dari sewa kost. Meski sangat menarik, tapi memulai bisnis ini juga butuh berbagai pertimbangan dan gak boleh asal-asalan. Jadi, apabila usaha kos-kosan mendapatkan omzet selama satu tahun tidak lebih dari 4,eight miliar, maka akan dikenakan PPh Final. Seperti yang Anda juga ketahui bahwa tarif dari PPh Final berbeda-beda bagi setiap jenis penghasilannya.

Untungnya, saat ini, ada juga cara beriklan yang murah, bahkan hampir tidak mengeluarkan biaya, tapi tetap efektif mendatangkan penghasilan pada bisnis yang dijalani. Maka, dalam 10 tahun, keuntungan yang diperoleh adalah Rp.25 juta yang didapat dari kenaikan harga per tahun. Setiap kamar diberi harga sewa pokok 10% per tahun, berarti harga sewa per tahun Rp.

Sementara dalam kasus membuat kos-kosan maka Anda belum memiliki sertifikat rumah karena toh rumah tsb belum jadi. Namun Anda tenang saja, karena produk perbankan tak hanya terbatas pada KPR saja, masih banyak produk lainnya yang dapat Anda manfaatkan. Salah satunya adalah kredit modal kerja bila Anda memiliki agunan atau KTA . Yang perlu Anda persiapkan adalah persyaratan pengajuan pinjaman ke financial institution seperti rekening tabungan dan slip gaji three bulan terakhir.

Banyaknya pelajar mahasiswa yang berasal dari luar daerah menjadikan saya memperoleh keuntungan darinya. Selain penghasilan yang terus mengalir setiap bulannya, sebagaiusaha jangka panjang, dengan usaha kost-kostan bisa menikmati keuntungan dengan naiknya nilai tanah. Lalu apa saja yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha kost-kostan?

Comments are closed.