Menebak Keuntungan Deddy Corbuzier Usai Adakan Duel Catur, Raup Miliaran Rupiah?

Menebak Keuntungan Deddy Corbuzier Usai Adakan Duel Catur, Raup Miliaran Rupiah?

Tak hanya membuat catur semakin populer, roda bisnis dari pertandingan itu pun bergulir kencang. Dengan total hadiah Rp 300 juta, Irene yang menekuk Dewa Kipas di tiga partai tanpa balas itu menggondol uang Rp 200 juta. Di period digital, panggung permainan catur pun tak hanya di atas papan dengan 64 petak hitam-putih dan 32 bidak.

Om Deddy berhasil bikin masalah yang nggak menghasilkan apa-apa ini jadi sesuatu yang bikin kantong mereka yang terlibat masalah ini jadi agak tebelan dikit. Laga dwitarung catur antara WGM Irene Kharisma Sukandar dan Dadang Subur alias ”Dewa Kipas” yang ditayangkan langsung di akun Youtube Deddy Corbuzier, Senin (22/three/2021) sore. Pada duel persahabatan melawan WGM Irene Sukandar, Dewa Kipas alias Dadang Subur menelan kekalahan telak three-0 pada pertandingan dengan format four babak dalam 10 menit. “Siaran langsung pertandingan catur persahabatan antara Dewa Kipas dan Irene Sukandar mencapai puncak 1.250.000 penonton,” sebagaimana tertulis dalam akun Twitter resminya @FIDE_chess, Senin, 22 Maret 2021.

Kabar kemenangan tersebut menghebohkan dunia, dimana seorang Dadang Subur yang belum pernah tercatat sebagai pemain catur professional dapat mengalahkan pecatur profesionar tingkat internasional Levy Rozman aka GothamChess. Akhirnya, Deddy Corbuzier mewadahi kedua pihak untuk bertemu dalam pertandingan catur resmi yang disiarkan secara langsung dengan uang hadiah total Rp300 juta. Digelarnya pertandingan Dadang Subur dengan WGM Irene Sukandar ini berawal dari kontroversi kemenangan Dewa Kipas di situs permainan catur on-line Bandar Slot Online, chess.com. Itu karena peringkat kemenangannya sangat tinggi dengan tingkat akurasi mencapai 98 persen. Om Ded membawa masalah dewa kipas ke level yang lebih pro dan pastinya menguntungkan, ya, apalagi kalau bukan uang dan perputaran duit di sana.

Pasca pesohor kenamaan Deddy Corbuzier memfasilitasinya di kanal YouTube yang memiliki lebih dari 13 juta subsciber. Secara international, serial The Queen’s Gambit yang tayang di layanan streaming Netflix mendapat sambutan hangat dari publik. Perjalanan fiksi pecatur wanita Beth Harmon yang diperankan aktris Anya Taylor-Joy menarik banyak penggemar di akhir 2020. Cabang olahraga catur tidak begitu tersohor untuk menarik perhatian publik layaknya olahraga fisik macam sepakbola, basket, tenis atau bulu tangkis. Namun, olahraga asah otak itu justru menemukan momentum untuk bersemi dikala pandemi Covid-19 ini. Selain menekuni catur, Chelsie rupanya juga peduli dengan pendidikannya.

Beberapa pekan terakhir belakangan, pemberitaan tentang kasus akun Dewa Kipas yang memenangkan pertandingan melawan pecatur luar negeri IM Levy Rozman dengan nama akun GothamChess ramai diperbincangkan. ”Akurasinya buruk dan dengan permainan seperti itu rasanya sulit mencapai rata-rata akurasi di atas ninety persen, seperti yang dicapainya di Chess.com pada 22 Februari sampai 2 Maret. Alasannya tidak biasa major catur cepat 10 menit juga terasa janggal karena dia selalu bermain catur cepat 10 menit di chess.com,” pungkas Kristianus.

Tak jauh berbeda dari Dewa Kipas dan GM Irene, Chelsie juga memiliki latar belakang sebagai seorang pecatur. Meski Dewa Kipas harus menerima kekalahan telah three-0 dari GM Irene, beragam komentar positif tetap didapatkannya. Berbeda dengan Dewa Kipas Irene membawa pulang hadiah dua kali lipat lebih besar. Setelah bertahun-tahun harus berhemat, kini AC Milan siap berbicara banyak di bursa switch musim panas. Menurut laporan, klub berjuluk Rossoneri tersebut memiliki uang sebesar a hundred juta euro untuk berbelanja pemain baru. Musisi senior, Iwal Fals mengomentari suasana di pertandingan Piala Menpora 2021.

Dalam komentarnya, GM Irene Sukandar mengatakan polemik Dewa Kipas yang sampai menyedot perhatian dunia catur Internasional ini membuat para pecatur Tanah Air merasa malu. Menariknya tentunya bakal seperti apa duel antara Dewa Kipas vs GM Irene Kharisma nanti. Pertarungan itu benar-benar ditunggu oleh masyarakat Indonesia dan berhasil membuat catur makin diminati.

Sebenarnya polemik yang panjang antara Dewa Kipas dengan GothamChess sudah mendapatkan titik terang dari kedua belah pihak. Namun netizen yang sudah terlanjur geram dengan penutupan akun Dewa Kipas, masih penasaran dan tetap ingin diadakannya tanding ulang di antara mereka berdua. Untuk negara kita, untuk bangsa kita, untuk NKRI, dibandingkan menghebohkan radikalisme, lebih baik melawan hal tersebut dengan karya,” ungkap Deddy dalam podcast Close The Door, Sabtu 20 Maret 2021.

Ia juga berharap ajang tersebut dapat dijadikan sebagai pembelajaran bersama demi catur Indonesia. Sebuah studi dalam The New England Journal of Medicine menemukan, orang-orang berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam permainan catur lebih kecil kemungkinannya untuk terkena masalah demensia, seperti Alzheimer. Sebenarnya, butuh latihan mendalam untuk benar-benar bisa dikatakan jago bermain catur. Bahkan, dalam dunia profesional, perlu waktu lama agar seseorang dapat menjadi Grand Master. Karena penonton marah, Ali mengatakan para penonton melakukanreportmassal akun Dewa_Kipas.

Comments are closed.