Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

Pada dasarnya, tidak ada syarat spesifik bagi lansia untuk memperoleh vaksin influenza. Lansia yang hendak memperoleh vaksin hanya harus menjaga kesehatannya dan selalu menjalankan gaya hidup sehat. Biasanya, vaksin untuk lansia ini dokter berikan dalam dua tahapan, yaitu vaksin pneumokokus jenis konjugasi dan vaksin pneumokokus jenis polisakarida. Program vaksinasi merupakan salah satu upaya mencapai kekebalan kelompok dengan goal penduduk yang divaksinasi sebanyak 70 persen. “Suntikan pertama baru membentuk antibodi tetapi belum yang protektif. Antibodi terbentuk sudah mengenak virus yang masuk dalam tubuh melalui vaksin kemudian perlahan meningkat,” ujarnya.

Badan POM telah membahas bersama Tim Komite Nasional Penilai Obat dan para ahli di bidang vaksin, ITAGI , Dokter Spesialis Alergi dan Imunologi, dan Dokter Spesialis Geriatrik dalam menetapkan keputusan penggunaan vaksin COVID-19 untuk lansia. Berdasar hasil evaluasi bersama tersebut, maka pada tanggal 5 Februari 2021 Badan POM menerbitkan EUA vaksin CoronaVac untuk usia 60 tahun ke atas, dengan 2 dosis suntikan vaksin yang diberikan dalam selang waktu 28 hari. Pemerintah telah menetapkan tujuh jenis vaksin melalui Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/12758/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Namun dari tujuh vaksin COVID-19 tersebut, baru satu vaksin yang telah memperoleh persetujuan dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan POM, yaitu vaksin CoronaVac produksi Sinovac. Sesuai dengan information-data hasil uji klinik yang tersedia pada saat EUA diterbitkan, penggunaan vaksin CoronaVac diperbolehkan untuk kelompok usia dewasa dari 18 hingga fifty nine tahun. Menurut dr. Iqbal, vaksin Sinovac belum dapat diberikan pada lansia yang mengalami hipertensi, diabetes, kanker, penyakit kronis, serangan jantung, gagal jantung , nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke ataupun gagal ginjal.

Saat ini, pemberian vaksin masih difokuskan untuk lansia atau warga senior. Adapun kelompok masyarakat dalam kategori ini adalah lansia di atas 60 tahun. Setelah vaksinasi, lansia harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk observasi. Jika tidak kingkong games ada keluhan, lansia akan diberikan kartu vaksin dan dalam 28 hari akan kembali mendapatkan jadwal vaksinasi. Ia juga mengapresiasi Love and Kindness (L&K) Charity Group yang ikut mendata para lansia penerima vaksin Covid-19 di Batam.

Berangkat dari temuan tersebut, pemerintah Indonesia telah menyetujui pemberian vaksin Sinovac untuk lansia. Di Indonesia, pemberian vaksinasi herpes pada lansia berusia 50 tahun ke atas sangat dianjurkan untuk mencegah komplikasi. Konsentrasi antibodi terhadap bakteri ini sering kali menjadi berkurang saat beranjak dewasa, bahkan lansia. Oleh sebab itu, dibutuhkan vaksinasi booster untuk efek perlindungan lebih lama. Pemberian vaksin untuk lansia bertujuan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit infeksi. Jikapun terkena, gejala yang dirasakan bisa lebih ringan dan kemungkinan sembuh juga lebih besar.

Khusus untuk lansia, pemerintah secara keseluruhan menargetkan sebanyak 21,5 juta orang yang akan disuntik vaksin Covid-19. Ia menambahkan, setelah calon peserta mengisi daftar tersebut, seluruh knowledge akan masuk ke Dinas Kesehatan DKI Jakarta dan dilakukan penjadwalan dan petunjuk lokasi pelaksanaan vaksinasi. Hanya saja dalam proses skrining dilakukan lebih detail dengan beberapa pertanyaan tambahan. Selain itu, sasaran juga diminta untuk membawa surat keterangan layak vaksinasi. Jumlah dosis yang akan diberikan pun sama, yakni dua dosis dengan selang waktu 28 hari.

Comments are closed.