Dewa Kipas Sempat Ajak Main Partai Tanpa Jam, Memang Berapa Lama Durasi Permainan Catur?

Dewa Kipas Sempat Ajak Main Partai Tanpa Jam, Memang Berapa Lama Durasi Permainan Catur?

Terlebih di tahun ini sejumlah even sudah menanti, seperti kualifikasi Pra Porprov Jateng dan Pordulongmas 2021. Duel catur antara Grandmaster Wanita Irene Kharisma Sukandar dan Dewa Kipas, yang menyedot perhatian karena kasusnya di Chess.com, akan berlangsung Senin hari ini, 22 Maret 2021. Tapi, sejak itu Irene Kharisma Sukandar merasa tertantang dan ia serius belajar catur sampai akhirnya masuk Sekolah Catur Utut Adianto di Bekasi. Sejak menjadi Ketua Umum PB.Percasi delapan bulan silam , Utut Adianto mengaku sudah menyambangi 9 daerah.

Putri dari Larry Edith yang lahir pada 2008 meraih gelar usai mengalahkan pecatur Rusia, Alexandra Shvedova. Dia tidak mendapatkan kemenangan dengan mudah karena harus melakoni pertarungan berdurasi lima jam. Catur adalah olahraga yang tergolong dalam kegiatan yang melatih otak.

“Mencari dan melatih bibit unggul merupakan kunci untuk keberhasilan prestasi catur Indonesia di masa datang,” ujar Rachmat. Ya, Yogyakarta memperoleh kehormatan menjadi tuan rumah gelaran turnamen catur internasional yang dipusatkan di Grand Inna Malioboro Hotel, Juni 2019. International Master atau IM ialah gelar yang digunakan sejak tahun 1950 oleh FIDE untuk pecatur yang telah mencapai 3 kali hasil baik dalam turnamen internasional dan mencapai 2400 skor Elo. Kedudukan gelar International Master lebih tinggi dari Master FIDE dan lebih rendah dari Grandmaster. Tidak sembarang orang bisa mendapat ELO score FIDE terlebih gelar karena ada proses panjang mendapatkannya.

Para peserta dapat mengunduh aplikasi Jago Catur yang tersedia di Google Play Store™, dan melakukan registrasi untuk dapat mengikuti kompetisi ini. Bertempat di Grand Inna Garuda Hotel Yogyakarta, kejuaraan yang dibuka oleh Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto ini diikuti 24 pecatur dunia dari sembilan negara plus tuan rumah Indonesia. KORANBERNAS.ID — Untuk kali pertama, Yogyakarta memperoleh kehormatan sebagai tuan rumah kejuaraan catur berlevel internasional yaitu JAPFA Grand Master and kingkong games Tournament 2019.

Dalam permainan catur, otak adalah pemegang peran paling penting daripada anggota tubuh lainnya. Otak akan membutuhkan energi yang tak sedikit ketika sedang bermain catur. Selain itu, otak juga akan terus-menerus berkonsentrasi untuk menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya. Meski tak mengeluarkan keringat, catur adalah olahraga yang cukup melelahkan. Dalam turnamen GM Turnamen kali ini, PB Percasi menghadirkan GM Timur Gareyef dari Amerika Serikat kelahiran Tashkent, Usbekistan. Dia merupakan pemegang rekor catur buta yang dibuatnya di Universitas Nevada, Las Vegas, three Desember 2016.

Dari 1.655 pecatur dunia, di Indonesia sendiri ada Susanto Megaranto, Utut Adianto yang sudah menyandang gelar GM. Lalu, Irene Sukandar yang merupakan lawan dari Dadang Subur di pertandingan persahabatan Senin lalu (22/03) adalah WGM pertama di Indonesia. Baik IM maupun WIM berada setingkat di atas FM & WFM namun masih di bawah Grandmaster. GothamChess atau Levy Rozman sudah meraih gelar IM sejak 2018, dan salah satu pecatur dari 116 wanita yang kini memiliki gelar WIM adalah Chelsie Monica dari Indonesia. Untuk meraih gelar ini, tidak ada prasyarat khusus yang harus dijalani. Pecatur hanya cukup meningkatkan ELO-nya hingga 2300 dan 2100 untuk WFM.

Dikatakan dalam kompetisi kelas junior kala itu Zendy mampu meraih medali perak dan menerima gelar Woman Candidate Master . Eka mengaku, dirinya juga menikmati efek samping positif dari memajukan dunia catur Indonesia. Para pecatur yang datang dari keluarga kurang mampu, kini dapat hidup layak berkat permainan catur. Ayahanda Eka tidak berkeberatan untuk ikut mengeluarkan dana besar karena Eka membuktikan kerja kerasnya berbuah positif. Pada dunia catur, Utut menjadi grand master super yang diperhitungkan di dunia. Untuk menyiapkan penerus Utut, Eka dan para pengurus Percasi menyiapkan program “Dream Team”.

Utut menyebutkan ada dua pecatur Tanah Air yang sudah tiga kali menyandang norma GM tapi belum mencapai elo ranking yang dipersyaratkan untuk menyandang gelar GM. Chelsie Monica merupkan seorang pecatur wanita Indonesia yang berparas cantik menawan. Sosok cantiknya sebagai komentator duel Dewa Kipas lawan Irene Sukandar telah buat publik gagal fokus.

Meski baru enam tahun digembleng di SCUA, ia telah memperlihatkan kemampuannya. Bahkan sulit tertandingi oleh para pecatur perempuan lain di sekolah itu. Irene mengatakan dalam permainan catur diperlukan konsentrasi dan harus fokus. Dua tahun berselang dari turnamen internasional pertamanya, Irene Sukandar lantas dipercaya mewakili Indonesia di ajang SEA Games 2003 yang diselenggarakan di Vietnam.

Comments are closed.