Catur Haram? Inilah Deretan Grand Master Catur Indonesia Yang Mendunia

Catur Haram? Inilah Deretan Grand Master Catur Indonesia Yang Mendunia

Dari tiga babak yang sudah digelar, Ali hanya mampu meraih satu hasil remis. “Untuk pecatur kelas dunia, latihan itu bisa sampai 13 jam sehari. Sedangkan di Pelatnas, latihan rutinnya hanya maksimal 6 jam saja.

Merdeka.com – Akun orang Indonesia dengan nama Dewa_Kipas diblokir di platform Chess.com. Dewa_Kipas merupakan akun milik mantan pecatur profesional Indonesia, Dadang Subur. Ayahnya, seorang pecatur bergelar grasp nasional, jadi mentor pertamanya. Di tengah populernya catur di Indonesia, menarik untuk melihat siapa sebenarnya jagoan catur di dunia.

Namun, Eka juga mengaku prihatin dengan polemik di media sosial yang terjadi akibat keputusan penutupan akun Dewa Kipas oleh pengelola chess.com. Mengutip pemberitaan Antara, Grand Master Putri Irene Kharisma Sukandar berharap pertandingan persahabatan dengan pemilik akun Dewa Kipas, Dadang Subur, dapat mengakhiri polemik yang terjadi belakangan ini. “Namun Gilbert tetap memilih berjuang untuk mendapatkan gelar IM melalui kemenangan di babak akhir,” timpalnya. Sementara itu, Pelatih Tim pecatur Indonesia Taufik Halay mengatakan bahwa keberhasilan Tim Indonesia tersebut didukung oleh daya tarung tim Indonesia yang luar biasa. Meskipun berada di posisi yang sudah menguntungkan tetap memberikan kemampuan yang sepenuhnya.

Dikutip Sportfeat dari Warta Kota, sempat beredar kabar bahwa Gotham Chess kesal dan menuduh Dadang Subur melakukan cheat alias curang. Susanto yang mencetak enam angka dari tujuh babak memiliki score performance 2530. Medali perak direbut GM Rogelio Barcenilla dari Filipina dengan score efficiency 2463, dan medali perunggu direbut GM Parham Maghsoodloo dari Iran dengan score PRAGMATIC SLOT efficiency 2421. Seperti diumumkan Federasi Catur Asia melalui laman resminya yang dikutip Kamis, dua medali emas untuk Indonesia dipersembahkan GM Susanto Megaranto dan IM Medina Warda Aulia, sedang IM Irene Kharisma Sukandar meraih perak.

Lebih darkish 500 pecatur dari 25 Provinsi bertanding dalam turnemen catur Piala Aktivis Senior Hatta Taliwang tersebut. Selain satu poin dari Adit, dua poin untuk Tim Indonesia disumbangkan IM Irine KharismaSukandar yang menang atas WIM Bakhora Abdusattorova dan WIM Ummi Fisabilillah yang unggul dari WCM Afruza Khamdamova . Kini, kejuaraan catur rutin diadakan tiap tahunnya, baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Satu remis lainnya dibuat IM Yoseph Taher atas GM Parham Maghsoodloo di meja pertama. Tradisi baru Ketua Umum PP PBSI melepas tim yang akan berlaga di sebuah turnamen disambut baik atlet.

Gilbert Elroy Tarigan yang bertanding di U-18 berhasil mendapatkan Gelar IM dan Nayaka Budhidharma berhasil mendapatkan gelar FM setelah menduduki posisi puncak klasemen U-14. “Perolehan tersebut menambah jumlah medali yang diperoleh tim Indonesia menjadi 7 emas, 9 perak, dan four perunggu untuk keseluruhan nomor klasik, cepat, dan catur kilat,” sambungnya. “Mudah-mudahan irene, Medina, dkk. bisa mengatasi India di babak final untuk mengukir sejarah menjadi juara Asia,” kata Utut melalui pesan Whatsup.

Pascalaga Irene Kharisma dan ”Dewa Kipas”, catur menjadi virus baru yang menjangkiti masyarakat. Woman Grand Master , Irene Sukandar, menang telak dengan skor three-zero atas Dadang Subur alias Dewa Kipas dalam duel persahabatan catur yang disiarkan secara live streaming. WGM Irene Sukandar mengalahkan Dadang Subur alias Dewa Kipas 3-zero pada pertandingan catur berlabel uji coba yang difasilitasi Deddy Corbuzier. Kepiawainnya bermain catur dia peroleh secara otodidak melalui buku-buku teori catur. Dadang juga mengaku, sejak mengenal catur, kerap bermain dengan orang dewasa untuk mengasah langkah dan strateginya dalam bermain catur. BANDUNG, iNews.id – Sosok Dewa Kipas bikin gempar dunia percaturan.

Maksud saya menulis itu—sama sekali tidak lucu karena di sini saya harus mejelaskan di mana letak lucunya, saya ingin para “patriot catur” Indonesia bermunculan di web dengan konten-konten berbahasa Indonesia. Video-videonya di Youtube menjadi magnet tersendiri bagi para pecinta catur yang tidak sempat menonton langsung karena, di tengah siarannya, dia kerap mengeluarkan komentar-komentar lucu dan seringkali bicara banyak hal di luar catur. Keriuhan mereka mengubah rasa takjub saya menjadi rasa bersalah. Sebuah momentum untuk menghidupkan catur daring Indonesia terancam hilang begitu saja dan semua kehebohan ini akan menjadi angin lalu. Sementara itu, Woman International Master diberikan FIDE untuk pecatur wanita.

Comments are closed.