Berita Terbaru Vaksinasi Lansia

Berita Terbaru Vaksinasi Lansia

Risiko berdampak parah bagi lansia yang terkena Covid-19 menjadi faktor pemberian prioritas. Walaupun whole lansia seluruh orang Indonesia yang pernah terpapar Covid-19 hanya 10%. Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 17,eight per 100 orang.

Syaratnya, organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Vaksinasi terhadap lansia bisa dilakukan melalui Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda. KOMPAS.com – Orang lanjut usia termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan.

Peserta dapat mendaftar dengan mengunjungi web site Kementerian Kesehatan, yaitu , dan website Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di covid19.go.id. Wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke space Sentra Vaksinasi Bersama BUMN. Iris mengingatkan, mereka yang belum divaksinasi Tembak ikan atau yang telah mendapatkannya tetap menjalankan protokol kesehatan 5M yakni mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. “Itu juga agar bisa memberikan efek vaksin yang maksimal dan memperkecil risiko terjadinya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI yang serius,” pungkasnya.

Dikutip dari Bloomberg, uji klinis vaksin Sinovac tahap pertama dan kedua di Cina yang melibatkan four hundred orang lanjut usia menunjukkan hasil yang baik dari peningkatan jumlah antibodi. Penyakit ini banyak ditemukan pada mereka yang tinggal di panti jompo atau tempat penampungan, dan lansia dengan penyakit kronis. “Ini merupakan bentuk komitmen kami terhadap kesehatan dan keselamatan warga Jatim. Kami akan mempercepat proses vaksinasi secara massal,” ujar mantan Menteri Sosial tersebut.

Vaknasinasi bagi lansia ini menjadi tindak lanjut dari dikeluarkannya izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terhadap vaksin. Sebagaimana diketahui, pemerintah menargetkan sasaran vaksinasi Covid-19 tahap kedua mencapai 38.513.446 orang yang terdiri dari 17.327.169 petugas publik dan 21.553.118 lansia. Meski begitu, bertambahnya lansia dalam program vaksinasi awal tidak akan menambah complete goal vaksinasi sebesar 181,5 juta orang. Target vaksinasi 181,5 juta orang telah menghitung whole penduduk berusia di atas 18 tahun.

Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota menentukan jadwal serta lokasi vaksinasi. Maka dari itu, dirinya meminta bantuan dari anak muda agar mau mengajak orangtua, kakek, nenek, atau mertua agar mau divaksin. “Tahapannya lansia yang sudah dihubungi oleh faskes datang ke faskes, kemudian mereka melakukan screening. Walaupun sebetulnya malam kita hubungi juga dilakukan screening singkat untuk memastikan kondisinya baik-baik saja, sedang ada keluhan atau tidak, sehingga bisa dilanjutkan pada hari ini,” jelas Iqbal.

Pendataan kolektif akan melibatkan para kader PKK di masing-masing dusun. “Nah untuk lansia terlantar nanti pendataannya dilakukan dengan sistem manual kolektif. Bisa dikoordinasikan dengan pengelola panti,” jelas Joko. Selain menyetujui indikasi untuk kelompok Lansia, Badan POM juga memberikan persetujuan untuk alternatif durasi pemberian pada zero dan 28 hari untuk populasi dewasa yang menjadi alternatif penggunaan pada kondisi rutin . Meskipun durasi pemberian 0 dan 28 hari menunjukan imunogenisitas baik, tetapi dalam masa pandemi untuk mendapatkan cakupan imunisasi yang cepat dengan routine yang lengkap lebih disarankan menggunakan jadwal pemberian 0 dan 14 hari.

Registrasi vaksinasi di negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu dilakukan menggunakan aplikasi mobile. Vaksinasi menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer. Berdasarkan information Dinkes, terdapat sekitar 36.466 lansia yang mendaftar untuk menerima vaksin Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 7.457 orang sudah menerima vaksin dosis pertama.

Comments are closed.