Begini Aturan Vaksinasi Covid

Begini Aturan Vaksinasi Covid

Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Dengan telah diterbitkannya persetujuan vaksin untuk populasi lansia diharapkan angka kejadian infeksi dan angka kematian lansia akibat infeksi COVID-19 ini dapat menurun. Tetap jaga kesehatan, disiplin terus 3M, dukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Untuk pelaksanaan vaksinasi di D.I Yogyakarta sampai dengan saat ini dari sasaran nakes sebanyak 37.637 sudah teregistrai sebanyak 37.314 (99 permainan online,14 %). Nakes yang divaksin pada 1 sebanyak 30.794 (81,82%) dan divaksin tahap 2 sebanyak 7.947 (21,eleven%).

Vaksinasi untuk target kelompok ini, akan dimulai di DKI Jakarta dan ibu kota provinsi seluruh Indonesia. Namun dalam fase awal, diprioritaskan terlebih dahulu untuk Jawa dan Bali, di mana lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional tercatat. “NU sudah siap membantu sosialisasi vaksin, termasuk kami juga bisa mendampingi, dengan usulan kami bisa ada one day care services. Dengan tujuan agar lansia yang divaksinasi bisa selesai dalam satu hari,” ujar dr. Makky Zamzami. Jadi, meski kamu atau orang tua sudah vaksin, tetap pastikan untuk menerapkan protokol kesehatan kapanpun di manapun.

Virus influenza bisa lansia cegah dengan vaksin flu, yang bisa pemberian vaksinnya satu kali setiap tahun. Tubuh lansia butuh waktu sekitar dua minggu untuk merespons vaksin dan membangun kekebalan tubuhnya. Setelah tim medis menyuntikkan vaksin ke dalam tubuh, vaksin akan bekerja meniru terjadinya infeksi penyakit itu untuk memicu sistem imun tubuh membangun perlawanan terhadapnya.

Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini. Vaksinasi ini akan fokus di provinsi yang ada di Jawa – Bali sehingga vaksinasi ini akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi vaksin yang ada saat ini. Badan Pengawas Obat dan Makanan , pada tanggal 5 Februari 2021, mengeluarkan persetujuan penggunaan darurat vaksin CoronaVac produksi Sinovac untuk digunakan kepada kelompok lanjut usia berumur 60 tahun ke atas. Ketiga vaksin tersebut juga telah mendapatkan izin penggunaan untuk usia di atas 60 tahun oleh otoritas pengawasan obat di negara asalnya. Meski begitu nantinya BPOM juga akan melakukan kajian data untuk memberikan EUA bagi ketiga vaksin tersebut. Direncanakan mulai Senin (eight/2) vaksinasi untuk usia di atas 60 tahun sudah bisa dimulai, diutamakan dimulai dengan nakes yang di atas 60 tahun.

“Tidak perlu takut mungkin dengan perbedaan atau silang pendapat yang ada. Tetapi kita ikuti standar atau prosedur… yang dilakukan oleh Kemenkes, pihak penyelenggara vaksinasi, kan sudah ada SOP nya. Prof Iris yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia mengaku belum disuntik vaksin karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium menyusul penyakit penyerta yang ia miliki. “Wewenang kami adalah lansia di luar panti sementara untuk lansia yang tinggal di panti kewenangan provinsi,” ujar Feri. Terpisah, Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial Sleman Feri Istanto mengatakan, sampai saat ini belum ada instruksi untuk pendataan penghuni panti jompo maupun lansia yang tidak memiliki tempat tinggal. Namun berdasarkan knowledge Dinsos Sleman, terdapat sekitar 6.000 lansia telantar dan tinggal di luar panti.

Mulai dari personel TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara, dan pekerja pelayan publik lainnya. Dinas Kesehatan Kota Bekasi hingga kini belum dapat memastikan realisasi vaksinasi bagi kelompok lansia. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya alokasi dosis vaksin yang diterima Kota Bekasi untuk penyelenggaraan vaksinasi tahap dua ini. Pelayanan vaksinasi Covid-19 bagi warga lansia di Kota Yogyakarta dapat diakses di 11 rumah sakit dan dua rumah sakit khusus ibu dan anak yang ditunjuk pemerintah. Layanan ini sudah dibuka mulai sejak Rabu (3/three/2021) lalu dan akan terus berlangsung hingga akhir 2021 mendatang. Melansir laman Setkab vaksinasi beroperasi setiap hari dengan jam pelayanan dari pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Comments are closed.