6 Potret Irene Sukandar, Grand Master Wanita Catur Indonesia

6 Potret Irene Sukandar, Grand Master Wanita Catur Indonesia

Setelah itu, mereka yang berhasil masuk peringkat catur ELO minimal 2500 dan memenangkan Kejuaraan Junior Dunia akan mendapat gelar ‘Grandmaster’ dari organisasi catur internasional, Federation Internationale des Eches . Namun, keputusan pengelola chess.com menutup akun Dewa Kipas yang diklaim milik pegiat catur Indonesia, Dadang Subur, memantik polemik. Turnamen catur beregu bergengsi Asian Online Nation Chess Cup 2020 akan dilaksanakan pada Oktober 2020 melalui dua tahap pertandingan. Pertama tahap kualifikasi dengan sistem Swiss 9 babak untuk mencari delapan tim teratas yang akan melaju ke perempat-last dan bertanding secara silang dengan sistem gugur.

Pecatur luar negeri juga memiliki jiwa profesional yang konsisten,” katanya. Seorang grandmaster catur wanita muda bernama Medina Warda Aulia berhasil mengalahkan salah satu pemain catur terbaik di dunia dalam kompetisi JAPFA GM & WGM International Chess Tournament 2019. Ditambah lagi, dia menjadi International Master di umur 16 dan menjadi Grandmaster dan juara catur nasional di umur 18. Masih banyak juga International master lainnya yang bisa bantu kalian buat belajar. Buat kalian yang buta sama sekali tentang catur, jangan takut karena mereka bakal mengajari kalian teknik-teknik dasar yang menjadi dasar kuat buat kalian menjadi pemain profesional. Belakangan unggahan Ali Akbar pun viral dan membuat warganet Indonesia meradang karena akun orang Indonesia diblokir lantaran berhasil mengalahkan pecatur internasional.

Ketua umum PB Percasi GM Utut Adianto sangat mengapresiasi perjuangan putri-putri Indonesia dan berharap Irene Kharisma dkk. akan menuntaskan pertandingan last dengan kemenangan guna mengukir sejarah menjadi juara Asia. Dalam dua babak duel itu, Indonesia memenangi kedua babak dengan skor sama 2,5 – 1,5. Dengan demikian Indonesia maju ke final slot online terbaik untuk memperebutkan gelar juara menghadapi India yang di semi last mengatasi Mongolia. Diduga, para penggemar GothamChess melaporkan Dadang Subur yang dicurigai melakukan kecurangan.

Untuk ketiga kalinya Irene dinobatkan sebagai The Best Woman Player di Grand Europe Open Albena, Bulgaria bulan Juni 2013. Pada Sea Games ke 27 pada 5-22 Desember 2013 di Nay Pyi Taw, Myanmar, Irene menunjukkan taringnya, ia dua kali berturut-turut mengamankan medali emas dalam kategori International Chess Rapid dan International Chess Blitz. Pertarungan GM Susanto Megaranto dan GM Mark Paragua asal Filipina , pada babak ke-delapan Kejuaraan Zonal three.three Asia di Tagaytay, Senin (28/1/2013), memakam waktu hampir tujuh jam. Susanto menang dan menjaga peluangnya untuk memperoleh tiket ke Piala Dunia 2013. Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda.

Kekalahan Rozman menggemparkan dan berujung pada penutupan akun Dewa Kipas karena dianggap curang. JAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM — Pertandingan persahabatan antara Dewa Kipas alias Dadang Subur melawan Grand Master Catur Indonesia Irene Kharisma Sukandar akhirnya usai. Dalam pertandingan yang disiarkan di YouTube Deddy Corbuzier, Irene berhasil menang telak dengan skor three-0.

Bahkan di level internasional, Medina sudah banyak memberikan penghargaan bagi Tanah Air. Harapannya, dengan seluruh pencapaian tersebut, Samantha bisa berburu gelar IM untuk meraih grand grasp wanita. “Samantha pertama kali diperkenalkan ke dunia catur saat usia enam tahun, saat diminta mengikuti kegiatan ektrakurikuler di sekolahnya,” tutur Larry Edith, ayah Samantha, megutip dari Tribunnews. Saya senang sekali,” ucap Samantha seperti dikutip dari Juara.internet, 24 Juli 2017.

Nama pecatur Grandmaster Irene Sukandar pun naik daun setelah sukses mengalahkan Dadang Subur alias Dewa Kipas dengan skor three-zero. Saat tak bermain catur, gaya liburan Irene Sukandar curi perhatian. Perempuan berusia 28 tahun ini sudah meraih gelar Grandmaster Wanita dan Master Internasional . Makanya nggak heran, ia berani menerima tantangan bermain catur lawan Dewa Kipas saat menjadi bintang tamu Deddy Corbuzier Podcast. Ia pun tercatat tidak pernah absen mengikuti berbagai macam pertandingan catur hingga masa pensiunnya di tahun 2002. Lahir di Sukabumi, 14 Oktober 1947, GM Herman menempuh pendidikan catur dan memperoleh semua persyaratan mendapat gelar GM di Bulgaria.

Susanto berhasil menorehkan prestasi dengan memenangkan Kejuaraan Catur Indonesia empat kali berturut-turut dari tahun 2006 hingga 2010. Irene mengaku sudah diajak ayahnya bermain catur di lapak-lapak sedari usia 8 tahun dengan durasi 4 jam sehari. Herman lalu mendapatkan norma Master Internasional tahun 1976, dan meraih gelar Grandmaster hanya dalam waktu dua tahun. Dunia pecaturan Indonesia belakangan ini mendapat perhatian lebih dari publik.

Pertandingan catur tersebut berlangsung pada Selasa, 2 Maret 2021 dengan durasi kurang dari 5 menit. Setelah pertandingan selesai, akun Dewa_Kipas ramai diserang dengan berbagai komentar tak menyenangkan. “Dia sangat tertarik dengan pendekatan permainan orang Batak, yang memainkan bentuk catur mereka sendiri tetapi menunjukkan diri mereka mampu menangani variasi Barat dengan cukup baik juga,” tulis Munninghoff. Sebagai master catur dunia dan merajai chess.com, kekalahan Gotham Chess dari Dadang Subur benar-benar membuat warganet terkejut. Gotham Chess yang memiliki nama asli Levy Rozman itu kalah dari pecatur asal Bandung, Dadang Subur saat menjalani pertandingan virtual di chess.com.

Lahir di Karo, 1 Januari 1961, GM Cerdas Barus justru mengenal catur saat ia pertama kali memainkan Satur Karo, permainan tradisional khas Karo yang mirip dengan catur konvensional. Kalau bicara olahraga catur, kita tidak hanya membahas aktivitas memindahkan biduk yang dilakukan 2 orang. Akan tetapi, pertandingan catur terkenal sebagai seni strategi tingkat tinggi dan dan berpikir logis. Manfaat belajar di SCUA antara lain Memperoleh pengetahuan dan teori mengenai catur yang sebelumnya tidak diketahui juga pengalaman langsung dari orang yang ahli di bidangnya. Di turnamen tersebut, Susanto berhasil meraih peringkat kedua meski dia harus menghadapi pecatur-pecatur yang lebih dewasa.

Comments are closed.